5 Tips Cegah Penyakit Pasca Banjir, Berikut penjelasannya!

5 Tips Cegah Penyakit Pasca Banjir

RS Syafira,Pekanbaru – Ayo cegah penyakit pasca banjir. Banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia,terkhusus saat musim hujan tiba. Banjir sangat berdampak buruk pada berbagai sektor kehidupan seperti terganggunya perekonomian, transportasi hingga masalah kesehatan.Masalah kesehatan harus menjadi perhatian lebih terutama pasca banjir karena biasanya akan muncul berbagai macam penyakit.

  1. Diare

Penyakit yang paling sering terjadi pasca banjir adalah Diare. Diare adalah sebuah keluhan buang air besar (BAB) yang terjadi secara berulang. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya penularan melalui makanan dan minuman yang di konsumsi dan berakibat menjadi infeksi kolera, disentri, rotavirus, dan demam tifoid.

Gejala yang biasa terlihat adalah sakit perut, buang air besar encer, kram perut, peningkatan intensitas BAB sampai tinja berlendir atau berdarah.

Baca juga 4 Penyakit yang selalu muncul saat hujan

2. Demam berdarah

Selain diare, demam berdarah juga termasuk penyakit yang menjadi concern banyak orang pasca banjir. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak di genangan air. Nyamuk tersebut membawa virus ke manusia, itu karena mereka sangat berkembang pesat didalam air.

Gejala yang biasa ditimbulkan adalah Demam tinggi diatas 38° C disertai mengigil , badan terasa nyeri , nafsu makan berkurang serta kepala terasa berat dan sakit.

3. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Bakteri ini dapat menyebar melalui urine atau darah tikus yang terinfeksi saat banjir melalui selaput lendir mata atau luka lecet apda bagian tubuh. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah lemas, nyeri otot, mata merah serta timbul kuning pada mata dan kulit. Penyakit ini sangat berbahaya jika penyakit berlanjut dengan berbagai komplikasi seperti kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver dan paru.

4. Infeksi saluran pernapasan akut ( ISPA)

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) juga umum terjadi pasca banjir, namun penyakit ini sebenarnya bukan karena dampak terpapar banjir melainkan karena sistem imun dalam tubuh menurun bisa karena kelelahan, cuaca yang dingin, gizi buruk di pengungsian, hingga stres. Gejalanya ditandai dengan flu, demam dan batuk. ISPA ini sangat mudah menular melalui mulut, darah & udara.

5. Penyakit Kulit

Karena tercemarnya air dan lamanya kulit terendam dalam air yang kotor dapat menyebabkan penyakit kulit yang berdampak seperti infeksi jamur terutama pada sela-sela jari kaki yang ditandai dengan bercak kemerahan, maserasi dan rasa gatal.

Salah satu penyakit kulit yang berbahaya adalah Dermatitis Alergan . Penyakit ini terjadi karena adanya respons tubuh terhadap sampah atau zat kimia yang terkandung dalam genangan air hujan dan mempengaruhi kekebalan tubuh . Apabila anda terkena penyakit ini cara yang bisa dilakukan adalah mandi air hangat dan mengompres bagian tubuh yang ruam.

6. Memburuknya penyakit kronis

Karena terjadinya musim hujan berkepanjangan tentu saja akan membuat orang yang memiliki penyakit kronis mengalami kondisi yang memburuk karena menurunnya daya tahan tubuh diakibatkan oleh cuaca.

Melihat kondisi tersebut, penting bagi kita untuk menerapkan sikap waspada dengan mencegah bakteri atau kuman yang membuat kita sakit. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah penyakit pasca banjir :

  1. Cuci kaki dan tangan yang terkena genangan banjir menggunakan air bersih dan sabun agar kuman penyebab gatal-gatal bisa mati.
  2. Upayakan agar tubuh atau kulit tidak terkena genangan banjir dalam waktu yang lama, terutama pada bagian kulit yang memiliki luka, karena akan bisa menyebabkan infeksi pada kulit serta tubuh.
  3. Bagi masyarakat yang terdampak banjir, usahakan untuk bisa menggunakan psksisn yang lengkap seperti sepatu dengan sol keras dan sarung tangan.
  4. Tidak membiarkan anak-anak memanfaatkan musibah banjir menjadi area bermain, hal ini dikarenakan genangan banjir bukanlah air bersih dan tidak baik untuk kesehatan anak.
  5. Apabila merasa gatal, gunakan obat antiseptik.

Dengan menerapkan beberapa tips mencegah penyakit pasca banjir ini semoga dapat membantu sehingga meminimalisir potensi terserang penyakit saat banjir melanda dan aktivitas harian dapat tetap berjalan dengan lancar.

Apabila mengalami satu diantaranya segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Tinggalkan Balasan

%d