Awas! Asam urat dapat merusak ginjal – Ketahui faktor penyebab asam urat.

Awas! Asam urat dapat merusak ginjal - Ketahui 5 faktor penyebab asam urat.

RS Syafira, Pekanbaru – Waspada Asam urat dapat merusak ginjal! – Ketahui 5 faktor penyebab asam urat. Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penderita asam urat biasanya akan merasa seperti nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Biasanya terjadi pada pria diatas usia 30 tahun.

Area tubuh yang bisa terkena asam urat antara lain:

  • Sendi
  • Bursae, kantung seperti bantalan antara tulang dan jaringan lunak lainnya.
  • Selubung tendon, selaput yang mengelilingi tendon.
  • Ginjal, karena kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan batu

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat yang paling umum adalah nyeri pada sendi. Pada sebagian penderita mengalami asam urat di salah satu jempol kaki mereka saat pertama kali terjadi, tetapi penyakit ini juga dapat menyerang sendi lain di tubuh. Serangan asam urat sering kali muncul secara tiba-tiba di malam hari, dan rasa sakit yang hebat mungkin cukup parah hingga membuat penderita sulit tidur. Selain itu, persendian mungkin akan terasa bengkak, merah, dan hangat. Serangan asam urat biasanya terjadi pada satu sendi dan dapat dipicu oleh makanan tertentu, alkohol, obat-obatan tertentu, trauma fisik, atau penyakit tertentu.

Artikel terkait Mengejutkan, Diabetes dapat menyebabkan kematian! – mengenal diabetes 1 dan 2.

Gejala biasanya membaik dalam satu atau dua minggu, dan di antara waktu tersebut biasanya tidak menunjukkan gejala. Beberapa orang mungkin sering mengalami kambuh, sementara yang lain mungkin tidak mengalami kambuh lagi selama bertahun-tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, jika tidak ditangani, kemungkinan kambuhnya penyakit akan terjadi lebih sering dan bertahan lebih lama.

Penyebab Asam Urat

Secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine. 

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Pada dasarnya terdapat 2 jenis yang menyebabkan asam urat terjadi yaitu asam urat primer dan asam urat sekunder.

  1. Asam urat primer, adalah hiperurisemi yang disebabkan oleh pengeluaran asam urat dari tubuh yang sedikit atau produksi asam urat yang berlebihan. Hal ini terjadi karena : gangguan metabolisme asam urat, makan tinggi purin.
  2. Asam urat sekunder, adalah hiperurisemi yang disebabkan oleh karena obat-obatan atau penyakit lain misalnya kanker darah.

Baca juga Simak! Ini Bedanya Baby Blues dan Postpartum Depression!

Tips Pencegahan Asam Urat

  • Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.
  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.
  • Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.
  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa. 
  • Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.  

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan mengalami masalah ginjal, tetapi risikonya dapat meningkat. Jika Anda memiliki gejala atau faktor risiko yang meningkatkan asam urat, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis dan pengelolaan yang tepat.

Jika Anda memiliki kadar asam urat tinggi atau gejala masalah ginjal, disarankan untuk berkonsultasi dengan datang langsung kerumah sakit terdekat atau profesional kesehatan untuk diagnosis dan pengelolaan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

%d