Awas! Tidak hanya anak-anak,Flu singapura bisa menyerang siapapun!

Awas! Tidak hanya anak-anak,Flu singapura bisa menyerang siapapun!

RS Syafira,Pekanbaru – Awas! Tidak hanya anak-anak, flu singapura bisa menyerang siapapun. Flu singapura atau HFMD (Hand,foot and Mouth disease) adalah Penyakit yang berasal dari infeksi Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71) dan gejala yang ditimbulkan adalah ruam pada tangan,kaki dan mulut. Lalu apakah flu Singapura menular? Apa saja bahaya flu Singapura? Yuk simak penjelasan ini!

Baca juga 5 tips cegah penyakit pasca banjir

Flu singapura juga dikenal dengan nama hand foot and mouth disease (HFMD). Gejala flu singapura yang khas adalah munculnya sariawan di mulut dan ruam atau lepuhan di tangan serta kaki. Biarpun banyak menyerang anak-anak, flu singapura juga bisa menulari ke orang dewasa dengan gejala yang tidak jauh berbeda.

Gejala Flu Singapura :

  • Demam dan Flu

Demam dan flu terjadi sekitar 3-5 hari setelah terjangkit virus biasanya diiringi dengan tidak nafsu makan,sakit tenggorokan dan merasa kurang enak badan.

  • Sariawan/Lepuhan pada area mulut

Gejala ini biasanya akan terasa sakit pada mulut,ini berawal dari munculnya bintik-bintik merah disekitar lidah dan dalam mulut yang lepuh dan terasa sakit dan mengakibatkan pengidap tidak mau makan dan minum.

  • Ruam Kulit

Akan timbul gejala ruam kulit pada tangan,kaki,bahu dan bokong. Ini biasanya tidak terasa gatal dan terlihat datar atau sedikit menonjol pada bintik merah, terkadang disertai lepuh yang memiliki area kemerahan didasarnya. Cairan dalam lepuh itu dapat mengandung virus penyebab flu singapura ini.

Penyebab dan cara Pencegahan Flu Singapura :

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus enterovirus. Jenis yang paling sering sebabkan HFMD adalah Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71). Virus ini bisa menyerang bayi, anak-anak dan juga orang dewasa dan orang yang punya sistem kekebalan tubuh rendah.

Penyakit Flu singapura/HFMD ini sangat menular, biasanya dapat tertular melalui lendir dari hidung, dahak, air liur, fases, batuk dan bersin. tapi kamu bisa mencegah dengan cara berikut :

  1. Cuci tangan menggunnakan sabun/hand sanitizer.
  2. Hindari kontak dekkat dengan orang sakit
  3. Hindari menyentuh mata,hidung dan mulut
  4. Bersihkan/disinfeksi barang yang sering digunakan bersama seperti gagang pintu, mainan, dll.

Cara Mengobati Flu Singapura :

Karena disebabkan oleh virus, flu singapura tidak bisa diobati dengan antibiotik atau obat lainnya. Penyakit ini akan sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari.

Untuk membantu dalam meringankan gejala flu singapura yang muncul, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Banyak minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Sebisa mungkin hindari minuman yang bersifat asam.
  • Mengonsumsi makanan lunak atau cair, seperti sup
  • Menghindari makanan-makanan pedas.
  • Mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit di mulut serta tenggorokan.

Dengan penanganan yang tepat, gejala flu singapura bisa berkurang dan penderita dapat berangsur-angsur pulih. Setelah sembuh, jangan lupa lakukan langkah-langkah pencegahan kekambuhan maupun penularannya.

Pencegahan flu singapura bisa dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan. Contohnya, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir serta selalu menutup mulut dan hidung ketika batuk maupun bersin.

Apabila tidak kunjung membaik,segera lakukan pemeriksaan lanjut kepada dokter terkait.

Awas! Tidak hanya anak-anak,Flu singapura bisa menyerang siapapun!

Tinggalkan Balasan

%d