Benarkah minum es dapat menyebabkan Radang Amandel? – Gejala Tonsilitis

Benarkah minum es dapat menyebabkan Radang Amandel? - Gejala Tonsilitis

RS Syafira, Pekanbaru – Benarkah minum es dapat menyebabkan Radang Amandel? – Gejala Tonsilitis. Radang amandel atau Tonsilitis merupakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Tonsilitis dapat terjadi pada semua umur, terutama pada anak. Tonsilitis sering terjadi pada anak-anak usia 2-3 tahun dan semakin meningkat kejadiannya pada anak usia 5-12 tahun, namun tidak menutup kemungkinan ini juga terjadi pada orang dewasa.

Saat bakteri atau virus memasuki tubuh melalui hidung atau mulut, tonsil berperan sebagai filter. Bakteri atau virus menginfeksi lapisan epitel tonsil. Proses peradangan dan infeksi pada tonsil memicu pengeluaran sel neutrofil (PMN) yang akan membentuk detritus bersama dengan kumpulan leukosit, bakteri yang mati, dan epitel yang terlepas.

Baca juga : Awas, Nyeri punggung akan berakibat fatal jika dibiarkan! – Penyebab dan gejala nyeri punggung.

Gejala Tonsilitis

Terdapat beberapa gejala lain yang ditimbulkan oleh penyakit tonsilitis, seperti :

  • Sakit tennggorokan
  • Sulit menelan
  • Panas tinggi hingga 38° C bahkan lebih tinggi
  • Batuk
  • Nyeri pada sendi dan otot
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala yang disertai nyeri pada telinga

Dan pada beberapa orang juga mengalami gejala saat menelan terasa sakit pada leher, terjadi pembengkakan pada kelenjar dan leher, hingga terdapat bintik yang berisi nanah atau bercak bewarna putih/kuning.

Penyebab Tonsilitis

Tonsilitis paling sering disebabkan oleh virus biasa, namun infeksi bakteri juga bisa menjadi penyebabnya. Bakteri yang paling umum menyebabkan radang amandel adalah Streptococcus pyogenes (streptokokus grup A), bakteri penyebab radang tenggorokan. Strain lain dari strep dan bakteri lain juga dapat menyebabkan tonsilitis.

Selain itu, penyebab tonsilitis yang terjadi pada anak salah satunya adalah karena anak sering mengalami ISPA atau tonsilitis akut yang tidak diterapi dengan benar dan penyebab lainnya terjadi karena adanya penggunaan antibiotik yang tinggi.

Tonsilitis ini biasanya akan segera membaik setelah 3-4 hari, penyakit ini tidak menular tapi akan mengakibatkan infeksi seperti flu dan nyeri badan.

Apakah seseorang yang mengidap tonsilitis tidak boleh mengkonsumsi es atau minuman yang dingin?

Es ataupun minuman dingin bukanlah masalah utama dari radang amandel/ tonsilitis, karena radang ini pada dasarnya disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun es ataupun minuman yang dingin juga perlu dikurangi atau dihindari saat mengalami radang amandel, karena pada saat tenggorokan mengalami peradangan maka rambut getar (silia) yang berfungsi sebagai pengusir bakteri dan virus pada tenggorokan tidak bekerja optimal dan mengakibatkan peradangan hingga membuat radang amandel bertambah parah.

Baca juga : Kebutuhan kerja sih, tapi bahaya buat mata! – Waspada CVS (Computer Vision Syndrom).

Pencegahan tonsilitis

Pada dasarnya tonsilitis ini tidak menular. Namun, jika infeksi tersebut disebabkan oleh virus yang menyebabkan pilek atau flu, maka dapat menulari orang lain juga. berikut dapat membantu menghentikan penyebaran infeksi :

  • Istirahat yang cukup dan batasi kontak dengan orang lain hingga merasa lebih baik
  • Cuci tangan secara menyeluruh dan sering (terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan)
  • Hindari berbagi makanan, gelas minum, botol air atau peralatan makan

Namun jika radang amandel terjadi berkepanjangan, segera lakukan konsultasi ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Jadwal dokter THT KL

dr. Elniza Morina, Sp.THT-KL , Setiap Senin – Sabtu (09.00-selesai)

dr. Harianto, SpTHT-KL (K)Onk , Setiap Senin – Jum’at (14.30-selesai) dan Sabtu (13.00-selesai)

Radang amandel

Tinggalkan Balasan

%d