Benarkah, Telinga Berdengung Karena Diomongin Orang? Bagaimana Menurut Medis?

    RS Syafira, Pekanbaru – Telinga berdengung karena diomongin orang? Bagaimana menurut Medis? . Telinga berdengung merupakan kondisi yang cukup sering dialami. Walaupun kondisi ini bukan termasuk yang berbahaya, tapi telinga berdegung juga bisa menjadi gejala atau tanda dari kondisi yang lebih serius. Namun telinga berdengung ini juga sering disangkut pautkan pada mitos ” telinga berdengung karena diomongin orang” nyatanya itu hanyalah mitos belaka. Lalu apa sebenarnya penyebab dari telinga berdengung menurut medis?

    Faktor Umum

    Telinga berdengung ini bukan hal yang spesifik terjadi karena suatu penyakit, ini terjadi karena adanya beberapa faktor seperti kotoran dan infeksi , gendang telinga yang bolong, gangguan fungsi pada tuba telinga yang disebebkan karena alergi, atau mungkin karena adanya gangguan pembuluh darah dan massa (tumor) nasofaring. Berikut beberapa penyebab terjadinya telinga berdengung :

    Penyebab

    • Faktor usia

    Hal pertama yang menjadi penyebab telinga berdengung adalah karena faktor usia, seiring bertambahnya usia tingkat pendengaran akan semakin berkurang. Otak akan menerima rangsangan lebih sedikit, namun pendengaran mungkin masih bekerja dengan kecepatan yang normal. Itulah yang menjadi penyebab telinga berdenging pada usia lanjut. Menurut Cleveland Clinic ini terjadi pada 1-3 orang berusia diatas 65 tahun

    Baca juga : New Moms Harus Tahu! – Kenali 5 Tanda Awal Kehamilan.

    • Berdengung akibat kebisingan (NIHL)

    Adanya paparan suara yang keras juga bisa mengakibatkan gangguan pendengaran (telinga berdengung). Ini terjadi pada suatu kejadian atau bisa juga terjadi seiring waktu.

    • Cedera telinga dan trauma

    Cedera ini dapat mempengaruhi saraf atau area otak yang membantu pendengaran, namun umumnya orang yang mengalami cedera/ trauma akan mengalami telinga berdengung pada salah satu telinga saja.

    • Kondisi Telinga

    Ada beberapa kondisi telinga yang mengakibatkan telinga berdengung seperti penumpukan kotoran telinga atau infeksi telinga sehingga telinga akan mengalami gangguan pendengaran sementara.

    • Obat-obatan

    Obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan telinga berdengung, seperti antibiotik, antidepresan, obat kanker dan obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID).

    Selain beberapa penyebab diatas, terdapat juga penyebab lain yang mungkin jarang terjadi seperti :

    1. Disfungsi tuba eustachius
    2. Penyakit mensere
    3. Gangguan sendi tempomandibular (TMJ)
    4. Schwannoma vestibular ( tumor non-kanker yang terbentuk disaraf vestibular)
    5. Otosklerosis (pertumbuhan tulang)
    6. Gangguan pembuluh darah juga dapat menyebabkan pulsatile tinitus, suatu bentuk telinga berdenging langka yang terjadi bersamaan dengan detak jantung
    7. Autoimun (Seperti lupus/rheumatoid arthritis)

    Kapan harus menghubungi dokter?

    Kamu bisa saja langsung konsultasi kedokter di hari pertama kejadian, atau bisa saat kamu mengalami gejala seperti :

    • Telinga berdengung lebih dari seminggu
    • Gangguan pendengaran
    • Pusing
    • Telinga berdenging yang terdengar seperti detak jantung.

    Referensi :

    Cleveland Clinic, diakses pada 2024 – Tinnitus

    Youtube RS Syafira, diakses pada 2024 – Telinga berdengung karena diomongin orang? bagaimana menurut medis?

    Tinggalkan Balasan

    %d