Berangkat Haji Wajib Vaksin Meningitis, Benarkah?

Berangkat Haji Wajib Vaksin Meningitis, Benarkah?

RS Syafira, Pekanbaru – Berangkat Haji Wajib Vaksin Meningitis, Benarkah? Meningitis adalah infeksi dan peradangan pada meningen yaitu (lapisan pelindung otak dan syaraf tulang belakang) dengan gejala berupa sakit kepala, demam, dan kekakuan leher . Meningitis ini sangat sulit dibedakan dengan penyakit lainnya karena memiliki gejala awal yang sangat umum dirasakan seperti demam dan flu.

Meningitis ini sangat banyak terdapat pada wilayah endemis meningitis seperti Arab Saudi, Untuk itu Kementrian Arab Saudi menghimbau pada seluruh jamaah haji Indonesia wajib melakukan vaksin meningitis minimal 14 hari sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Pentingnya Vaksin Meningitis

Vaksinasi ini perlu dilakukan karena penyakit meningitis meningokokus memang sangat berbahaya. Saat melaksanakan ibadah haji, jamaah dari seluruh dunia akan berkumpul di tanah suci. Hal ini menyebabkan risiko terpapar bakteri selama ibadah sangat tinggi, terlebih jika berangkat tanpa melakukan vaksinasi terlebih dahulu.

Artikel terkait : Mengenal Penyakit Meningitis – Gejala dan Penyebab Meningitis

Vaksinasi merupakan salah satu upaya perlindungan kesehatan haji yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesehatan haji.

Ketentuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Nota Diplomatik Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta No 211/94/71/577 tanggal 1 Juni 2006. Bahwa, setiap pendatang ke Arab Saudi, termasuk jamaah haji/ umroh dan tenaga kerja, diwajibkan melakukan Vaksinasi Meningitis (ACYW135). Itu artinya, kedutaan besar Arab Saudi hanya akan mengeluarkan visa perjalanan ke negaranya apabila ada kartu ICV yang didapat setelah jamaah melakukan vaksinasi.

MCU HAJI

Referensi :

Alodokter, diakses pada 2024 – Pentingnya Vaksinasi Meningitis Meningokokus pada Jamaah Haji dan Umroh

Antaranews, diakses pada 2024 – Vaksin meningitis sebaiknya 14 hari sebelum berangkat haji

SmartID, diakses pada 2024 – Arab Saudi Masih Mewajibkan Vaksin Meningitis untuk Jemaah Haji dan Umroh Asal Indonesia

Blogrssyafira, diakses pada 2024 – Mengenal Penyakit Meningitis – Gejala dan Penyebab Meningitis

BKKSoetta, diakses pada 2024 – Update! Jamaah Umrah Kini Tidak Wajib Vaksin Meningitis

Tinggalkan Balasan

%d