Berbahaya! Kurang Minum Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh!

Berbahaya! Kurang Minum Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh!

RS Syafira, Pekanbaru – Berbahaya! Kurang Minum Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh! Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh kita sangat memerlukan air, Kekurangan kadar cairan dalam tubuh dapat mengganggu organ dalam tubuh seperti gangguan pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi ginjal, dan cairan dalam tubuh.

Selain itu, kekurangan cairan dalam tubuh juga akan mengakibatkan dehidrasi yang akan berdampak pada kesehatan tubuh seperti sakit tulang belakang, pandangan menjadi buram/kabur, kulit menjadi kering, kelelahan dan beberapa gejala lainnya.

Artikel terkait : Awas, Nyeri punggung akan berakibat fatal jika dibiarkan! – Penyebab dan gejala nyeri punggung.

Air merupakan komponen terpenting pada tubuh manusia, menurut Kemenkes hampir 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Tubuh membutuhkan air mineral untuk dikonsumsi sebanyak 1-2.5 L perhari atau setara 6-8 gelas.

Manfaat minum air putih

Konsumsi air putih yang cukup ketika puasa bukan hanya menghindarkan dari penyakit, tetapi juga membuat puasa berjalan lancar. Maka sebaiknya memenuhi asupan cairan selama berpuasa dengan mengikuti ketentuan minum saat puasa yang tepat. Berikut manfaat konsumsi air putih :

  • Menyehatkan Pencernaan
  • Mempertahankan energi dalam tubuh
  • Menghidrasi tubuh
  • Memelihara kesehatan kulit
  • Dapat membantu penurunan berat badan
  • Mengurangi racun dalam tubuh

Dampak buruk kekurangan cairan :

  • Dehidrasi

Dehidrasi merupakan fase dimana cairan lebih banyak dikeluarkan daripada yang dikonsumsi. Ini biasanya terjadi ketika seseorang kekurangan minum air putih

  • Masalah pencernaan

Masalah pencernaan biasanya akan menyebabkan perut terasa kembung dan sembelit. Ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan, lalu usus akan menyerap cairan pada feses. Itulah yang membuat fases menjadi kering dan sulit dikeluarkan.

  • Sistem imun menurun

Ketika tidur, tubuh kita memperbaiki diri, sehingga sistem imun kita bekerja keras. Agar sistem imun kita tetap kuat dan enggak gampang melemah, kita harus memberinya energi dengan cara minum air putih.

  • Sulit konsentrasi

Otak kita terdiri dari 73% air, sehingga butuh asupan air yang cukup untuk membuat kita tetap bisa fokus, terutama di pagi hari. Jika kita di pagi hari sudah bisa fokus, tentu kita akan lebih mudah menjalani hari di sepanjang harinya.

  • Beresiko terkena sakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing

Kurang minum air putih dan cairan lainnya juga dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing. Saat kekurangan cairan, tubuh lebih sulit menghilangkan bakteri biang infeksi saluran kencing. Tak hanya itu, mineral pembentuk batu yang biasanya bisa hilang dengan minum air putih juga bisa mengendap di ginjal.

Untuk itu, yuk mulai saat ini selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh guna untuk menghidrasi tubuh dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan.

Referensi : Kemenkes, diakses pada 2024 – Dampak kurang minum air putih Telemed IHC, diakses pada 2024 – Bahaya kurang minum air putih untuk kesehatan tubuh

AYO GUNAKAN BPJS

Tinggalkan Balasan

%d