Catat! ini bocoran 7 jenis cemilan yang ampuh turunkan gula darah!

Catat! ini bocoran 7 jenis cemilan yang ampuh

RS Syafira,Pekanbaru- Catat! ini bocoran 7 jenis cemilan yang ampuh turunkan gula darah. Lalu Apa itu gula darah? Gula darah adalah kadar glukosa dalam tubuh yang berasal dari makanan yang kita konsumsi dan berguna sebagai sumber energi utama sel-sel tubuh dan di alirkan ke sel-sel melalui aliran darah termasuk ke sel otak. Menurut Kementrian Kesehatan Indonesia Kadar gula pada umumnya sekitar < 200 mg/dL (Gula darah sewaktu) dan < 126 mg/dL (Gula darah puasa).

Kadar gula darah yang berada di luar kisaran target dapat menimbulkan dampak kesehatan yang besar. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal ini dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius, seperti kerusakan saraf, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung.

Penyebab gula darah meningkat :

  • Sering mengkonsumsi daging merah, makanan instan dan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi

Penyebab gula darah naik drastis yang pertama karena sering mengonsumsi daging merah dan makanan instan karena jenis makanan ini memiliki protein tinggi dan lemak jenuh. Selain itu, daging merah dan makanan instan juga sangat beresiko terkena obesitas, gangguan pencernaan, gagal jantung, stroke dan kanker.

  • Jarang berolahraga

Oran yang jarang berolahraga bisa memicu gula darah menjadi naik karena lemak menjadi menumpuk dan imunitas tubuh yang menurun. Untuk itu sangat dianjurkan berolahraga secara rutin dengan intensitas sedang seperti joging, lari, berenang, atau bersepeda.

  • Makanan yang terlalu manis

makanan yang terlalu manis juga bisa menyebabkan gula darah naik drastis. Karena makanan manis atau dessert memiliki kandungan gula yang banyak seperti selai dan krim yang bisa meningkatkan kadar insulin serta lemak jenuh di dalam tubuh. Makanan manis berbahaya apabila dikonsumsi berlebihan karena makanan dan minuman manis dapat menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah ginjal (nefropati diabetik).

  • Jarang mengkonsumsi serat

Serat adalah kandungan di dalam makanan yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, dan bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Apabila jarang mengonsumsi serat, maka akan menyebabkan gula darah naik dengan drastis. Sebaiknya perbanyak konsumsi serat seperti bayam, brokoli, wortel, dan sawi.

  • Makan larut malam

Makan larut malam sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena makan larut malam bisa menyebabkan gula darah naik drastis di dalam tubuh dan memperlambat metabolisme. Apalagi jika makan larut malam dengan porsi yang besar dan langsung tidur setelah makan. Kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan obesitas dan memicu diabetes tipe-2.

  • Jarang minum air putih

Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat memperlancar peredaran darah dan mengontrol gula darah dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi karena jarang mengonsumsi air putih,Hal ini menyebabkan kadar insulin atau gula darah naik drastis di dalam tubuh. Untuk menjaga agar kadar gula darah stabil sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari.

  • Sering makan makanan bertepung

Sering mengonsumsi makanan bertepung, seperti roti putih tawar, pasta, nugget atau biskuit, juga bisa menyebabkan gula darah naik drastis di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena makanan yang diolah dengan tepung, memiliki kandungan gula tinggi.

 

Baca juga Pola asuh jaman now!

Kebiasaan buruk seperti yang tertulis diatas sangat berpengaruh pada kadar gula darah dan apabila kadar gula darah meningkat akan timbul gejala gejala seperti berikut :

  • Meningkatnya rasa haus
  • Sering buang air kecil
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur
  • Luka yang penyembuhannya lambat
  • Penurunan berat badan
  • Infeksi yang sering terjadi

Berikut 7 jenis cemilan yang ampuh untuk menurunkan gula darah :

  1. Telur rebus
  2. Apel
  3. Alpukat
  4. Yogurt
  5. Edamame
  6. Selai kacang
  7. Kacang almond

Bagaimana sahabat syafira, ternyata ada banyak yaa camilan enak yang bisa dinikmati? Kuncinya, pilihlah camilan atau makanan yang tinggi protein, serat juga lemak sehat, karena kesemuanya berkhasiat dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Jadi, mulai sekarang kamu gak perlu bingung dan tersiksa dengan aturan diet sehat yang harus dijalani.

 

Tinggalkan Balasan

%d