Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar Selama Kehamilan Dengan Berolahraga! – Tips Olahraga Ibu Hamil.

Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar Selama Kehamilan Dengan Berolahraga! - Tips Olahraga Ibu Hamil.

RS Syafira, Pekanbaru – Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar Selama Kehamilan Dengan Berolahraga! – Tips Olahraga Ibu Hamil. Tidak hanya pola makan yang harus dijaga, ibu hamil ternyata juga butuh olahraga loh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ibu dan janin didalam perut. Namun tentu saja olahhraga yang dapat dilakukan sangat terbatas jenisnya. Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat ibu lakukan selama masa kehamilan.

  • Jalan Santai

Olahraga yang cocok untuk ibu hamil salah satunya adalah jalan santai. Luangkan waktu 30 menit setiap pagi atau sore untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Hindari jalanan yang menanjak dan sulit, dan selalu bawa sebotol air untuk diminum ketika haus. Jalan santai ini sangat banyak manfaatnya loh untuk ibu hamil, seperti melancarkan darah, melancarkan kinerja jantung, meningkatkan stamina, mengurangi resiko keguguran hingga membantu memperlancar proses persalinan.

Baca juga : Mengenal Penyakit Meningitis – Gejala dan Penyebab Meningitis

  • Berenang

Renang gaya dada dan punggung aman dilakukan oleh ibu hamil. Selain itu, massa tubuh cenderung berkurang saat berada di dalam air, sehingga olahraga ini memungkinkan ibu hamil untuk bergerak tanpa mengeluarkan banyak tenaga untuk menopang tubuh. Berenang juga sangat bagus untuk paru-paru dan jantung.

  • Sepeda Statis

Sepeda statis juga merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan ibu hamil dirumah. sepeda statis adalah alternatif menarik. Bukan hanya menurunkan atau menjaga berat badan saja, olahraga yang satu ini juga dapat melatih peregangan otot dan sendi, juga melatih keseimbangan tubuh. Jangan lupa sesuaikan setang sepeda agar tidak terlalu menekan perut dan tulang punggung yaa.

  • Senam Hamil

Senam hamil merupakan terapi latihan gerak selama kehamilan atau prenatal care yang bertujuan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental saat menghadapi persalinan agar persalinan normal dapat berlangsung dengan cepat, aman, dan spontan. Senam hamil sangat bermanfaat untuk dilakukan selama kehamilan. Berlatih senam hamil pada masa kehamilan dapat membantu melatih pernafasan dan membuat ibu hamil merasa relaks sehingga memudahkan adaptasi ibu terhadap perubahan tubuh selama kehamilan.

Senam hamil ini selain bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan tutorial dari internet, ibu juga bisa datang ke pusat pelayanan senam hamil, salah satunya ada di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru.

Jadwal Senam Hamil :

Setiap hari Sabtu, Pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB

Berlokasi di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru

BPJS

Referensi :

Ayosehat.kemkes, diakses pada 2024 – Ragam Olahraga Ringan Saat Hamil yang Bisa Bunda Coba

Yankes.kemkes, diakses pada 2024 – Persalinan Normal Jadi Mudah dan Lancar, Senam Hamil Yuk..

Yankes.kemkes, diakses pada 2024 – Manfaat Olahraga pada Masa Kehamilan

Alodokter, diakses pada 2024 -Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Tinggalkan Balasan

%d