Diabetes Penyebab Kematian Terbesar No. 3 Di Indonesia – Gejala dan penyebab.

RS Syafira, Pekanbaru – Diabetes Penyebab Kematian Terbesar No. 3 Di Indonesia – Gejala dan penyebab. Diabetes bukanlah merupakan penyakit yang langka lagi di Indonesia, karena berdasarkan hasil Institute for Health Metrics and Evaluation Diabetes merupakan penyakit penyebab kematian No.3 di Indonesia.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan saraf. Menurut World Health Organization (WHO) jumlah penderita terus meningkat dan tercatat saat ini mencapai 422 juta orang di dunia dan ini meningkat 4 kali lebih banyak dari pada 30 tahun lalu. Meskipun terdapat berbagai resiko,namun setengah dari penderita diabetes tidak menyadarinya. Apabila tidak segera ditangani dan disadari, diabetes ini akan merusak pembuluh darah dan dapat menyebabkan stroke.

Jenis Diabetes

  • Diabetes tipe 1

Penderita diabetes tipe 1 ini memiliki pankreas yang menghasilkan insulin lebih sedikit dibanding orang normal atau bahkan tidak menghasilkan insulin sama sekali, ini sangat berbahaya bagi tubuh penderita karena mengingat fungsi insulin adalah membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh untuk mengendalikan gula darah. Karena tanpa insulin, gula darah tidak dapat masuk kedalam tubuh sehingga terjadi penumpukan pada sel darah. Diabetes tipe 1 bisa dimulai pada usia berapa pun. Namun seringkali terjadi mulai dari anak-anak atau remaja. 

Baca juga : Waspada! Kenali Gejala Hemofilia Sejak Dini. – Gejala dan Penyebab.

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit jangka panjang yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Penyakit ini adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi terlalu tinggi. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, penyakit ini dapat meningkatkan risiko gangguan serius pada jantung, mata, dan saraf dalam tubuh.

Penyebab diabetes dua ini adalah sel-sel di otot, lemak, dan hati menjadi resisten terhadap insulin. Karena tidak dapat berinteraksi secara normal dengan insulin, kelebihan gula tidak dapat dibuang atau pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah. Namun walaupun ada beberapa penyebab, namun pastinya belum diketahui, tetapi kelebihan berat badan dan tidak aktif secara fisik menjadi faktor utama yang berkontribusi.

Gejala Diabetes

Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah:

  • Merasa lebih haus dari biasanya.
  • Sering buang air kecil.
  • Menurunkan berat badan tanpa berusaha.
  • Kehadiran keton dalam urin. Keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika insulin tidak tersedia dalam jumlah yang cukup.
  • Merasa lelah dan lemah.
  • Merasa mudah tersinggung atau mengalami perubahan suasana hati lainnya.
  • Mengalami penglihatan kabur.
  • Mengalami luka yang penyembuhannya lambat.
  • Banyak terkena infeksi, seperti infeksi gusi, kulit, dan vagina.

Artikel terkait : Catat! ini bocoran 7 jenis cemilan yang ampuh turunkan gula darah!

Apabila memiliki gejala seperti yang sudah dijelaskan diatas, segera lakukan pemeriksaan lanjut ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

AYO GUNAKAN BPJS

Referensi :

mayo clinics, diakses pada 2024 – Diabetes

Institute for health metrics and evaluation, diakses pada 2024 – What causes the most death?

Ayosehat.kemkes, diakses pada 2024 – Diabetes

Hello sehat, diakses pada 2024 – berkenalan dengan insulin, hormon pengatur gula darah

Centers for disease control and prevention, diakses pada 2024 – What is diabetes type 1

Tinggalkan Balasan

%d