Hindari Minuman Manis Atau Berujung Ginjal Kronis!

RS Syafira, Pekanbaru - Hindari Minuman Manis Atau Berujung Ginjal Kronis! .

RS Syafira, Pekanbaru – Hindari Minuman Manis Atau Berujung Ginjal Kronis!. Ginjal merupakan sepasang organ pada tubuh manusia yang berfungsi membersihkan dan menyerang limbah atau racun dari darah menjadi terganggu. Namun apabila fungsi ginjal terganggu maka akan mengakibatkan beragam komplikasi seperti Anemia, Gangguan Elektrolit hingga penumpukan racun. Seseorang yang menjadikan minuman manis menjadi kebutuhan pokok untuk minum sangat rentan terserang penyakit gagal ginjal.

Menurut Kemenkes RI, seseorang memiliki batas mengonsumsi gula sebanyak 50gr atau setara dengan 4 sendok makan. Makanan manis dan minuman manis tentu saja sangat tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan, karena risiko terparahnya akan mengakibatkan seseorang mengalami gagal ginjal.

Artikel terkait : Jangan Berlebihan, Perhatikan Batas Maksimal Konsumsi Gula Per-hari dan Risikonya.

Cara mengontrol gula perhari

  • Konsumsi makanan dalam bentuk asli dan bukan olahan.

 

Makanan yang asli dan belum diolah itu contohnya seperti buah, karena mengkonsumsi buah-buahann segar tidak memerlukan gula dalam bentuk olahan lagi. Selain itu perlu mengimbangi gula dan zat gizi protein dan lemak.

  • Rutin cek gula darah.

Dengan rutin melakukan pengecekan gula darah, kamu jadi tahu bagaimana tubuh bereaksi pada makanan tertentu sehingga tubuh mampu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan atau obat-obatan nantinya.

  • Periksa label gizi pada makanan dan minuman.

Walaupun ini sering diabaikan, nyatanya hal ini sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah harian. Caranya cukup mudah, kamu cukup memperhatikan kata yang diakhiri “Osa” atau “Ol” seperti Glukosa, Fruktosa, Dekstrosa, Maltosa, Sukrosa, Laktosa, Manitol ataupun sorbitol pada makanan olahan.

Baca juga : Ibu Perlu Waspada! Berikut 3 Jenis Penyakit Yang Rentan Menyerang Si Kecil.

  • Terapkan gaya hidup yang sehat.

Pola hidup sehat merupakan kunci dari terhindarnya dari penyakit. Pola hidup sehat bisa dengan rutin berolahraga, mmengontrol porsi makan, istirahat yang cukup dan mengendalikan stress

Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman instan seperti air soda, jus dengan tambahan gula, permen, cake, buah kalengan, ataupun buah kering. Jika ingin mengonsumsi gula sebaiknya gunakan pemanis alami seperti kayu manis, ekstrak almond, dan lainnya saat akan membuat olahan makanan.

keluhanrssyafira

Tinggalkan Balasan

%d