Kebutuhan kerja sih, tapi bahaya buat mata! – Waspada CVS (Computer Vision Syndrom).

Kebutuhan kerja sih, tapi bahaya buat mata! - Waspada CVS.

RS Syafira, Pekanbaru – Kebutuhan kerja sih, tapi bahaya buat mata! – Waspada CVS. Mata merupakan salah satu organ sensori yang sangat penting. Oleh karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga. Dengan mata yang sehat, kita dapat melihat dengan jelas dan melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman. Karena setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Namun di era yang serba digital seperti saat ini akan menjadi sebuah kekhawatiran buat kita agar lebih memperhatikan kesehatan mata, karena ada banyak hal yang dapat ditimbulkan apabila kita selalu menatap layar monitor ataupun gadget. Salah satu hal yang ditimbulkan ialah CVS (Computer Vision Syndrom) .

Apa itu CVS?

CVS (Computer Vision Syndrom) adalah masalah mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer, ataupun layar gadget. CVS ini bukanlah masalah yang spesifik, namun sebaliknya, ini mencakup berbagai macam ketegangan dan ketidaknyamanan mata. Menurut penilitian Logaraj Et Al (2014) menunjukkan bahwa antara 50% – 90% orang yang bekerja di depan layar komputer setidaknya mengalami gangguan pada mata dan gejala yang paling umum adalah kelelahan mata. Kelelahan mata adalah gangguan yang dialami oleh mata yang disebabkan karena otot mata dipaksa untuk bekerja secara berlebihan terutama untuk mengamati obyek dalam jarak dekat dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Waspada bahaya leukemia – Gejala dan penyebab leukemia.

Gejala CVS (Computer Vision Syndrom)

Orang yang mengalami Computer Vision Syndrom biasanya mengalami beberapa gejala berikut ini:

 

    • Penglihatan kabur

    • Iritasi mata

    • Mata merah atau kering

    • Nyeri leher atau punggung

    • Sakit kepala

    • Sulit konsentrasi

Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh pencahayaan yang buruk, silau pada layar digital, jarak pandang yang tidak tepat, postur duduk yang buruk, masalah penglihatan yang tidak terkoreksi atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut. Untuk itu diperlukan beberapa tips guna mencegah terjadinya masalah-masalah yang nantinya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tips cegah CVS (Computer Vision Syndrom)

1. Jaga jarak pandang

Pada saat melihat layar, pastikan kamu tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40–50 cm dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar, maka paparan cahaya yang diterima mata dari layar monitor/gadget dapat berkurang.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Cahaya yang terdapat pada layar bisa mengakibatkan mata lelah, untuk itu sangat perlu mengatur kecerahan layar.

3. Lakukan relaksasi mata 

Untuk mengurangi beban kerja mata, kamu juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan. Lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang terpejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

4. Lakukan Rule 20 : 20 : 20 

Ini adalah peraturan 20–20–20. Peraturan ini menyarankan setiap orang yang berada di depan layar untuk beristirahat selama 20 menit dan kemudian melihat objek yang jauh selama 20 detik dan berjarak 20 kaki atau setara dengan 6 meter.

5. Harus bisa membatasi waktu
Jadi meski sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi jika kamu tetap didepan layar dengan jangka waktu yang cukup lama, maka hal itu juga tetap tidak ada artinya. Maka dari itu, durasi penggunaan komputer/gadget dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

Baca juga : Cuma 5-10 menit tapi dapat mengembalikan senyum indah?! – Mengenal Dental Implant.

Namun apabila mengalami gangguan penglihatan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat agar tidak menjadi masalah penglihatan yang jauh lebih buruk.

Jadwal Dokter RS Syafira :

dr. Khairiah Nevrianty, Sp.M , Setiap Senin – Sabtu ( 10.00 – Selesai)

dr. Yasri, Sp.M , Setiap Senin – Sabtu ( 16.00 – Selesai)

 

Referensi :

American Optometric Association, diakses pada 2024. Computer vision syndrome

WebMD, diakses pada 2024. What Is Computer Vision Syndrome?

AJOL-M Logarat , diakses pada 2024. Computer Vision Syndrome and Associated Factors Among Medical and Engineering Students in Chennai

National Library of Medicine, diakses pada 2024. Digital Eye Strain- A Comprehensive Review

Yankes.Kemkes, diakses pada 2024. Mengenal Sindrom Penglihatan Komputer atau Computer Vision Syndrome (CVS)

Ayosehat.kemkes, diakses pada 2024. Tips Penting bagi Pengguna Ponsel untuk Merawat Kesehatan Mata

Computer vision syndrom

Tinggalkan Balasan

%d