Khawatir kolesterol terus naik saat lebaran? Berikut tips menurunkan kolesterol yang benar!

RS Syafira, Pekanbaru – Khawatir kolesterol terus naik saat lebaran? Berikut tips menurunkan kolesterol yang benar! Saat lebaran merupakan waktu yang tepat untuk kolesterol menyerang tubuh. Beragam makanan pada lebaran mulai dari cemilan hingga makanan berat sangat menggugah selera untuk dinikmati bersama sehingga membuat kita menjadi makan berlebihan.

Perlu diketahui, kolesterol ini tidak hanya menyerang orang tua namun anak muda pun bisa saja terserang hal ini. Tingginya kolesterol saat muda akan meningkatkan resiko jantung hingga stroke. Kolesterol bukanlah jadi suatu masalah apabila dalam keadaan stabil, namun apabila kadar kolesterol terlalu tinggi dapat memicu dapat memicu masalah serius pada kesehatan tubuh.

Artikel terkait : Waspada, Jangan sampai LEBAR-AN setelah LEBARAN!

Ciri Kolesterol Tinggi

Dilansir oleh alodokter, berikut ada 3 ciri seseorang mengidap tinggi kolesterol :

  • Nyeri di bagian tengkuk

Nyeri di bagian tengkuk cukup sering dialami oleh penderita kolesterol tinggi. Tanda-tanda kolesterol tinggi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

  • Mudah lelah dan nyeri pada kaki

Plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dapat mengurangi aliran darah ke jaringan tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah. Selain itu, jika penumpukan plak terjadi pada pembuluh darah di kaki, penderitanya dapat mengalami tanda-tanda kolesterol tinggi seperti nyeri kaki.

  • Nyeri bagian dada

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung. Hal ini bisa menghambat aliran darah menuju jantung dan menyebabkan nyeri bagian dada. Jika aliran darah terhambat total, hal ini bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Tanda-tanda kolesterol tinggi cenderung tidak spesifik dan mirip dengan kondisi medis lain. Pada banyak kasus, kolesterol tinggi juga bisa tanpa gejala sama sekali. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol adalah dengan melakukan tes darah.

Namun apabila kolesterol sudah terlanjur naik, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol :

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Makanan yang mengandung serat yang tinggi dapat mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol. contohnya seperti kacang-kacangan serta sereal seperti gandum.

2. Konsumsi sayuran hijau dan buah

Selain makanan yang mengandung serat, buah dan sayuran hijau juga dipercaya dapat meningkatkan senyawa penurun kolesterol.

3. Berolahraga

Selain bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu, kamu dapat menurunkan kolesterol dengan berolahraga secara teratur. Kamu bisa lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda ataupun berenang.

 

Referensi :

gooddoctor, diakses 2024 – Here’s a Low Cholesterol Eid Menu You Should Try!

alodokter, diakses pada 2024 – Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Penting Diketahui

IHC Telemed, diakses pada 2024 – Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

promkes.kemkes, diakses pada 2024 – Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan 5 Buah-buahan Berikut

Tinggalkan Balasan

%d