Mau tetap sehat dalam berpuasa? Hindari 5 Jenis makanan ini!

Mau tetap sehat dalam berpuasa? Hindari 5 Jenis makanan ini!

RS Syafira, Pekanbaru – Mau tetap sehat dalam berpuasa? Hindari 5 Jenis makanan ini! . Pada bulan suci ramadhan ini tentu saja banyak jenis makanan dan minuman yang dijual saat sore hari jelang waktu berbuka, semua orang berbondong-bondong mencari takjil untuk pelengkap makanan berbukanya, namun tahukah kamu berlebihan dan mengonsumsi makanan yang sembarangan saat berbuka puasa akan berdampak buruk pada kesehatan? Berikut 5 jenis makanan yang perlu kamu hindari saat berbuka puasa guna untuk tetap menjaga tubuh agar selalu fit saat berpuasa.

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan sudah menjadi makanan pelengkap saat berbuka, dengan cita rasa yang unik membuat orang-orang wajib membelinya untuk berbuka, namun sebenarnya, gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya justru harus dihindari, karena itu akan mengganggu sistem pencernaan kamu saat berpuasa. Selain itu berlebihan makan gorengan saat buka puasa bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Makanan Pedas

Selain berlemak, makanan pedas juga menjadi makanan yang perlu dihindari saat bulan puasa. Karena makanan pedas akan memicu rasa haus saat berpuasa, selain itu makanan pedas juga mengakibatkan adanya sensasi terbakar pada lidah, lambung dan usus yang memungkinkan dapat menyebabkan diare.

Baca juga : Tidur Mendengkur? Waspada Gejala Penyakit Sleep Apnea

3. Makanan yang mengandung gas

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gas saat berpuasa, karena ini akan merangsang peningkatan asam lambung dalam tubuh. Jadi akan berakibat dengan terjadinya maag, kembung, mual hingga perih pada perut.

Makanan yang mengandung gas antara lain : Durian, kol, kedondong serta minuman bersoda.

4. Makanan yang asin

Makanan yang terlalu asin ternyata juga tidak baik dikonsumsi saat berpuasa, karena menurut daily trust saat berpuasa, sodium dalam tubuh tidak seimbang sehingga apabila mengonsumsi makanan asin terlalu banyak akan menimbulkan rasa haus.

5. Makanan yang asam

Makanan yang mengandung asam akan menjadi masalah serius pada penderita maag dan asam lambung saat berpuasa. Karena mengonsumsi makanan yang mengandung asam saat perut kosong akan meningkatkan produksi asam pada tubuh. Contohnya seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

Artikel terkait : Maag kambuh saat berpuasa? Atasi degan cara ini!

Itulah 5 jenis makanan yang perlu kamu hindari saat berpuasa untuk ibadah puasa yang lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa tips makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur dan berbuka

Makanan saat sahur :

  • Makanan kaya protein

Makanan yang kaya akan protein akan membantu kamu menahan lapar hingga waktu berbuka, karena makanan yang kaya akan protein lebih lama dicerna, dan itu sangat membantu menahan lapar saat berpuasa. Makanan kaya protein yang bisa kamu konsumsi saat sahur seperti telur, daging sapi, domba, ikan, susu dan makanan laut.

  • Makanan berserat

Serat merupakan sumber nutrisi yang sangat penting saat sahur, karena serat mampu untuk membuat perut tidak tercerna selama berjam-jam. Sehingga ampuh untuk menahan rasa lapar.

Jenis serat tertentu juga dapat meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan melawan sembelit. Beberapa makanan kaya serat seperti alpukat, beri, apel, biji-bijian (seperti roti gandum dan oat) , kacang-kacangan, dll.

  • Makanan tinggi kalsium dan vitamin

Makanan yang tinggi kalsium dan vitamin seperti susu juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur, karena ini dapat membantu kamu merasa kenyang dan terhidrasi lebih lama. Selain susu ada beberapa makanan yang tinggi kalsium dan vitamin seperti yogurt, kacang-kacangan, keju, serta sayuran berdaun hijau.

Makanan saat berbuka :

  • Cairan yang cukup

Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu, dan tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh dari berbuka hingga waktu tidur guna untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

  • Makanan yang mengandung kalium

Kalium berfungsi untuk mengatur sistem tubuh. Beberapa peran utamanya termasuk meminimalisir terjadinya kram dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Makanan yang tinggi kalium antara lain kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau tua, kentang, yogurt, jeruk, dan pisang dan juga kurma.Kurma juga kaya akan nutrisi yang merupakan salah satu sumber kalium yang baik dan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa.

  • Sayuran yang menghidrasi

Sayuran yang kaya akan serat dan air juga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa seperti timun, selada, dan sayuran lainnya. Mereka tidak hanya membantu tubuh terasa sejuk, tetapi juga merupakan pilihan tepat untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari sembelit selama Ramadhan.

Referensi :

Daily trust, diakses pada 2024 – Ramadan: 12 Foods To Eat, Avoid During Sahur, Iftar

Upk.kemkes, diakses pada 2024 – 5 Tips sehat Selama Bulan Ramadhan

Kesmas kemkes, diakses pada 2024 – Media sehat puasa

Tinggalkan Balasan

%d