Mau Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa? Lakukan Ini 30 Menit Sebelum Berbuka!

RS Syafira, Pekanbaru – Mau Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa? Lakukan Ini 30 Menit Sebelum Berbuka!. Sebagian orang mungkin akan berhenti berolahraga saat berpuasa, itu dikarenakan adanya anggapan bahwa berolahraga saat berpuasa akan membahayakan tubuh. Namun sebenarnya berolahraga saat berpuasa justru menjadi hal yang baik untuk dilakukan agar tubuh tetap fit dalam berpuasa dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menurut WHO, Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Aktivitas fisik yang teratur terbukti membantu mencegah dan dapat menangani penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, beberapa olahraga atau beraktivitas fisik juga membantu mencegah hipertensi, menjaga berat badan yang sehat dan dapat meningkatkan kesehatan mental, kualitas hidup dan kesejahteraan.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa :

  • Jogging

Jogging bisa dijadikan sebagai kegiatan ngabuburit sambil menunggu beduk adzan maghrib, namun perlu diketahui bahwa saat berpuasa lakukanlah jogging dengan intensitas ringan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Sebaiknya jogging ini lakukan 30 menit sebelum berbuka puasa.

Baca juga : Waspada! Penyakit mulut sering terjadi saat berpuasa dan menjelang lebaran.

  • Bersepeda

Selain jogging, bersepeda juga bisa menjadi satu alternatif untuk tetap berolahraga saat berpuasa. Bersepeda ketika berpuasa dapat menjaga tubuh agar tidak mudah lesu, selain itu bersepeda juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan ooksigen lebih mudah di kontrol dalam tubuh.

  • Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membantu dam mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Olahraga ini sangat cocok dilakukan saat berpuasa karena tidak terlalu menguras energi, sehingga menjadikan yoga olahraga yang cocok dilakukan saat puasa.

Walapun demikian, agar olahraga yang kamu lakukan saat puasa aman dan bisa memberikan manfaat yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Pastikan kamu sahur dengan menu makanan bergizi agar tubuh mendapatkan gizi dan energi yang cukup untuk berolahraga saat puasa.
  • Pastikan untuk minum air putih 8 gelas per hari selama waktu berbuka dan sahur.
  • Agar tidak terlalu lelah, sempatkan untuk tidur siang sebelum berolahraga.
  • Lakukan olahraga 30 menit menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya.
  • Bila memilih berolahraga setelah makan atau berbuka puasa, pastikan memberikan jeda sekitar 2 jam sesudah waktu makan. Hindari juga berolahraga mendekati waktu tidur, karena bisa membuatmu jadi susah tidur.

Jadi, jika dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan, berolahraga saat puasa aman, kok. Namun sebelum berolahraga, kamu juga harus mengenali kondisi dan keadaan tubuh. Jika lemas dan lelah yang dialami selama puasa cukup berat, jangan paksakan untuk berolahraga, ya.

Selain itu, Apabila kamu memiliki penyakit atau gangguan kesehatan yang membuatmu perlu istirahat dan tidak diperbolehkan untuk terlalu capek, konsultasikan ke ahli kesehatan mengenai pilihan olahraga yang sesuai dengan kondisimu.

BPJS

Referensi :

WHO, diakses pada 2024 – Physical activity

Promkes.kemkes, diakses pada 2024 – Kegiatan Ngabuburit Sehat

Alodokter, diakses pada 2024 – Amankah Berolahraga Saat Puasa?

Tinggalkan Balasan

%d