New Moms Harus Tahu! – Kenali 5 Tanda Awal Kehamilan.

    New Moms Harus Tahu! - Kenali 5 Tanda Awal Kehamilan.

    RS Syafira, Pekanbaru – Ayo Kenali 7 Tanda Kehamilan – New Moms Harus Tahu! Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu oleh pasangan suami istri, dan ini juga menjadi hal yang tak terlupakan oleh wanita, karena saat hamil akan banyak pengalaman baru yang dirasakan oleh ibu hamil dalam masa kehamilan. Untuk itu perlu diketahui apa saja tanda-tanda kehamilan.

    Menurut American Pregnancy Association, gejala kehamilan setiap wanita itu akan selalu berbeda-beda bahkan disetiap kehamilan juga akan merasakan hal yang berbeda pada anak pertama, kedua hingga seterusnya. Namun salah satu tanda kehamilan yang signifikan adalah terlambatnya menstruasi, cara yang paling pasti untuk mengetahui gejala hamil adalah dengan menggunakan alat test kehamilan/ testpack. Berikut 5 tanda kehamilan yang perlu kamu ketahui :

    • Morning Sickness

    Morning sickness merupakan hal yang paling umum terjadi pada awal kehamilan, sesuai dengan namanya morning sickness berarti mual pagi hari. Namun bukan berarti hanya mual pada pagi hari saja, pada sebagian ibu juga akan merasa mual sepanjang hari hingga malam. Ini terjadi karena adanya perubahan hormonal, perubahan fisik, dan kepekaan terhadap bau dan rasa.

    • Telat menstruasi

    Telat menstruasi juga merupakan salah satu gejala yang paling umum saat awal kehamilan, namun perlu diketahui telat menstruasi tidak semata-mata kerena kehamilan namun ada beberapa hal yang mengakibatkan menstruasi tidak lancar hingga mengakibatkan telat, untuk itu saat telat menstruasi dibutuhkan alat tes kehamilan/testpack untuk memastikan kehamilan.

    • Sering buang air kecil

    Hal ini terjadi karena pada saat hamil, darah akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Ginjal akan menyaring darah dan membuang limbah ekstra dan kemudian limbah tersebut akan ditinggalkan pada tubuh dalam bentuk seni/air kencing.

    • Payudara terasa nyeri dan bengkak

    Adanya rasa sakit pada payudara juga menjadi salah satu gejala kehamilan. Rasa sakit ini bersifat sementara dan akan berkurang perlahan saat tubuh mulai terbiasa dengan peningkatan hormon.

    • Mudah lelah

    Hal ini terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron dan akan membaik pada trimester kedua. Namun pada beberapa ibu hamil akan merasakannya kembali pada saat memasuki trimester ketiga.

    Bagaimana trimester pertama kehamilan?

    Kehamilan memiliki tiga trimester atau tahapan. Setiap trimester berlangsung sekitar 13 minggu atau sekitar 3 bulan. Kehamilan cukup bulan berlangsung selama 40 minggu atau sekitar 9 dan 10 bulan. Dokter kandungan atau bidan akan membicaraan tentang perkembangan janin dalam beberapa minggu. Trimester pertama kehamilan berlangsung hingga minggu ke-13 kehamilan.

    Trimester pertama sangatlah penting. Pada beberapa ibu hamil mungkin tidak terlihat atau merasa hamil, namun banyak perubahan yang terjadi. Pada trimester pertama ini harus segera berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan kehamilan sejak dini guna menghindari potensi komplikasi. Lalu buatlah daftar pertanyaan atau kekhawatiran yang ibu miliki sehingga siap untuk kontrol pertama.

    Tinggalkan Balasan

    %d