Sst! Siapa bilang penderita asma tidak boleh olahraga? berikut penjelasannya!

Sst! Siapa bilang penderita asma tidak boleh olahraga? berikut penjelasannya!

RS Syafira,Pekanbaru – Sst! Siapa bilang penderita asma tidak boleh olahraga? Pada dasarnya penderita asma juga butuh berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Hanya saja olahraga yang boleh dilakukan oleh penderita asma adalah olahraga yang ringan dan tidak terlalu melelahkan. Tapi taukah kamu sebelum melakukan olahraga ada beberapa step yang harus kamu ketahui loh! berikut penjelasannya..

Baca juga Flu singapura bisa menyerang siapapun!

Asma adalah suatu kondisi kronis (jangka panjang) yang mempengaruhi saluran udara di paru-paru. Saluran udara adalah saluran yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Jika kamu menderita asma, saluran udara terkadang bisa meradang dan menyempit. Hal ini membuat udara lebih sulit mengalir keluar dari saluran udara saat mengeluarkan napas.

Gejala Asma yang umum terjadi :

  • Sesak nafas
  • Nafas mengeluarkan bunyi (Mengi)
  • Dada terasa berat
  • Sering batuk (sering terjadi pada malam hari)

Pemicu Gejala Asma :

  • Infeksi pernafasan
  • Alergi
  • Bau menyengat
  • Bahan kimia
  • aktivitas fisik/olahraga berlebihan
  • emosi
  • perubahan musim
  • merokok

Dari beberapa pemicu diatas dapat mengiritasi paru-paru dan akan menyebabkan terjadinya perubahan pada saluran napas. Dengan memahami apa yang memicu asma akan membantu kamu dalam mengelola penyakit asma .

Penyakit Asma sering dikaitkan dengan olahraga, beberapa orang tidak mau berolahraga karena takut dapat menyebabkan kambuhnya asma, padahal kenyataannya orang penderita asma juga membutuhkan olahraga.

Olahraga penting untuk kesehatan secara keseluruhan serta kesehatan paru-paru, dan ada banyak manfaat aktivitas fisik bagi penderita asma. Olahraga setiap hari membantu meningkatkan kapasitas paru-paru,atau jumlah oksigen maksimum yang dapat digunakan tubuh penderita. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke paru-paru, meningkatkan aliran darah ke jantung yang memompa oksigen ke seluruh tubuh. Sebagai contohnya, orang yang berolahraga memiliki kemampuan lebih untuk menarik oksigen dari paru-paru dan masuk ke dalam darah untuk memberi nutrisi pada otot-otot yang membuat kita terus bergerak.

Olahraga yang aman bagi penderita asma :

Bagi penderita asma sebaiknya memilih jenis olahraga yang baik untuk kesehatan paru-paru,dapat meningkatkan kapasitas paru-paru serta pengaturan pernapasan. berikut beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan :

  • Senam Asma

Olahraga pertama yang bisa kamu coba ialah Senam Asma, selain untuk membantu tubuh menjadi lebih bugar dan sehat,senam ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan otot pernapasan, mengurangi gejala, dan juga meningkatkan kapasitas dalam bernapas.

  • Rutin Jalan Kaki

Salah satu pilihan olahraga yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki 3 kali seminggu dan dilakukan selama 12 minggu berturut-turut,dengan berjalan selama 30 menit dan diawali dengan 5 menit pemanasan dan ditutup dengan pendinginan. Jalan kaki dengan intensitas sedang hingga cepat adalah cara berjalan terbaik dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu karena itu sangatlah penting. Olahraga jalan kaki ini mampu mengendalikan gejala asma dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa meningkatkan risiko kekambuhan penyakit. 

  • Olahraga Renang

Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang aman dan efektif mencegah kambuhnya asma. Jenis olahraga ini dapat membangun otot-otot tubuh bagian atas yang digunakan untuk bernapas serta membuat paru-paru mendapatkan lebih banyak udara hangat dan lembap. 

  • Bersepeda

 Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang aman untuk penderita asma. Akan tetapi, pastikan kamu hanya bersepeda santai dengan kecepatan yang rendah. Pasalnya, mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi atau bersepeda di daerah ketinggian dapat memicu serangan asma. Sebagai pilihan, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan sepeda statis di dalam ruangan.

  • Yoga

Yoga sangat membantu kamu untuk mengatur pernapasan, latihan pernapasan dapat mengaktifkan lebih area paru-paru lebih besar . Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga selama 2,5 jam seminggu mampu mengurangi obat asma mereka.

Namun walaupun olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh penderita asma, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait dengan pertanyaan seperti :

  1. Apa saja aktivitas/olahraga yang bisa saya lakukan?
  2. Apakah saya perlu minum obat sebelum melakukan aktivitas/olahraga?
  3. Obat apa saja yang perlu saya bawa saat akan melakukan aktivitas/olahraga?
  4. Dan Lain sebagainya.
Awas! Tidak hanya anak-anak,Flu singapura bisa menyerang siapapun!
\

Tinggalkan Balasan

%d